Senin, 23 Juni 2014

DREAM



dream
Hari ini aku sadar dengan keanehanku beberapa hari yang lalu yaitu tepat disaat usiaku 12 tahun, malam itu aku bermimpi entah dimana, suasananya begitu sunyi  sepi banyak bertaburan bunga bunga kenanga, aku memasuki sebuah Rumah kecil, seperti yang terlihat dari luar, di dalampun sama aroma wangi bunga kenanga menyengat tercium begitu kuat, kulirik dan kulihat di sekitar rumah kecil ini semua penuh berserakan bunga kenanga, yang anehnya lagi di sini terpampang lukisan besar dan aku rasa itu, itu lukisan bergambar diriku…ya Tuhan
***

Keanehan itu terjadi di pagi hari, hendak ku pergi liburan bersama keluargaku, aku menemukan 3 helai bunga kenanga di lemari bajuku, hari ini adalah 3 hari setelah hari ulang tahunku, dan saat ini telah terkumpul bunga kenanga sebanyak 27 helai bunga kenanga, tanpa aku mengetahi darimana asal bunga itu, aku hanya mengira- ngira dalam hati kalau hal ini mungkin salah satu hadiah ulang tahun dari bundaku, aku berlari kearah bunda yang sedang  memberi makan Poci, poci adalah kucing Persia miliku yang kuterima dari tetangga sebagai kenang-kenangan ketika mereka hendak pindah ke Belanda, setelah aku tunjukan dan ku ucapkan terimakasih atas bunga – bunga kenanganya, Bunda hanya mengerutkan keningnya, Bunda bilang bunda ga tau mengenai bunga  kenanga yang ku bawa. Ya Tuhan…. Semakin hari Bunga kenanga ini makin banyak jumlahnya, kadang ku temukan disaku celanaku, di atas tempat tidur, dalam tas sekolahku, lipatan buku, kaos kaki, dalam sepatu, ya ampunn… kenapa ini? Siapa yang berbuat seperti ini?…..haaaaaaaaaahhhhhhh….. pokonya siapapun yang melakukan ini, aku benci dia menyusahkan dan menerorku, Ya Tuhan, sejenak aku teringat mimpi itu.
Aku diam dan memikirkan itu semalaman, aku BBM in semua keanehan ini kepada syasya teman dekatku di sekolah, yang akhirnya 15 Ping dari syasya terpampang di Layar Blackberry messenger ku, karena  tak sadar aku tertidur pulas saat itu…BBM terakhir dari syasya, “@*0uhp..kamu ngilang kemana sehh Adzan…/aneh bin nyebelin@_!!!..
***
Kedatangan Selo
Pagi Bunda, ka selo?
Ko pagi-pagi dah ada di sini? kapan nyampenya?...
Jiahh… kamu sih dzan semalam aku masuk kamar kamu udah tidur, padahal aku nyampe sini semalam, jam 8 yah kan tante?...belum malem-malem banget kan, ucap selo dengan melirik – lirik melihat ke sudut-sudut reuangan, cari apaan sih ka selo?...
Ehh mana Poci kucing Persia, yang sering kamu certain di BBM itu?
Ohh, pagi-pagi gini paling di toilet, ngeden hhe..celetuk adzan sambil menggaruk- garuk rambut belakangnya dan senyum nya yang tampak behel memagar kokoh di gigi-giginya. Sejak kapan kamu Dzan suka pake parfum wangi  bunga gini ? Kaya cewe… wangi banget sih adzan, dengusan dengusan selo sudah seperti anjing pelacak yang sedang memburu penjahat, Apaan sih ka selo ennga-engga aku ga pake parfum apa-apa, orang aku baru bangun tidur gini, masa pake parfum, selo terdiam dan tampak mengerutkan keningnya, tapi ko wangi banget, kamu kaya pake parfum wangi bunga kenanga, coba deh tante, cium tubuh adzan, tante Mara dengan penasaran perlahan menghampiri adzan dan mulai mendekatkan hidungnya pada tubuh adzan, keningnya tampak mengkerut suasanapun menjadi hening, apalagi adzan yang belakangan ini mendapatkan sesuatu yang aneh yang berkaitan dengan kenanga, tante mara mendekat dan begitu serius, hemmm…”wangi bunga apanya, selo.. kamu, bau asemm gini…
Loh.. tante beneran selo tadi mencium wangi kenanga banget di tubuh adzan.
Adzan terdiam, ada rasa takut dalam perasaanya.
***
Rencana
Ka selo emang anak SMA, liburan sampe kapan sih?
Sama aja si dzan 2 minggu, knapa emang?... ngga sih ka, aku pengan bikin rencana apa gituh ka, biar liburannya berkesan, terus ka selo kalo bisa nginap di sini sampe liburan beres aja, tar ajah pulang  nya pas liburanya abis,
Ya, emang ia ka selo itu di sini selama liburan, emang punya rencana apa?palingaan, rencana anak SD apa sih,hhaha..
Yee..apaan sih  taun depan juga aku SMP,kali..ah..  
Ka selo, masi ingat ga dulu waktu kita ke rumah Pak Finn yang pindah ke Belanda itu,
Ya, emang kenapa gitu, serius banget sih Dzan, ia Ka ini serius, ka selo inget kan di bekang rumah itu dulu banyak tumbuh pohon bunga kenanga, terus kita main disana, tapi pas bunda tau kalo aku tuh main di situ, aku di marahin dan di larang lagi sampai – sampai aku ga boleh lagi main ke  rumah Pak Finn oleh Bunda, ka selo tau ga kenapa? Dengan serius adzan begitu penasaran…
Itu kan udah lama waktu kamu kelas 3 yah kalo ga salah, kanapa di ienget-inget sih, emang kenapa sih Dzan kamu tuh aneh banget?
Ka selo aku mau cerita, tolong jangan bilang sama siapa-siapa dulu, yah..aku mohon..
adzan, ada apa sih dzan?
Aku bingung,
 tinggal cerita aja,kenapa
Tapi ka selo jangan bilang siapa siapa..
Dengan rasa iba melihat keadaan adzan yang sangat serius, dengan penasaran selo mendengarkan semua cerita selo, dari awal adzan bermimpi aneh yang melihat lukisan dirinya yang terpampang di dinding rumah yang di penuhi dengan bunga – bunga kenanga, kejadian aneh di temukanya banyak bunga – bunga kenanga, dan tak tau asal muasal bunga – bunga itu. Selo menyimak semua yang di ceritakan Adzan, sebagai kaka sepupu yang lebih tua, selo berusaha menghibur adzan, dengan kata-kata yang ia lontarkan kalo hal tersebut hanyalah mimpi biasa yang kebetulan nyambung dengan hal nyata yaitu adanya bunga kenanga dan bisa saja  bunga kenanga itu ada yang menyimpan, bisa jadi kan? Selo menegaskan.
Engga kak, siapa yang nyimpen aku udah tanya semua teman – temanku dan orang – orang yang sering ke sini, mereka ga nyimpen bunga – bunga itu, dan sampai saat ini pun bunga kenanga itu selalu muncul di saku celanaku, lihat ini ka, Adzan mengeluarkan kepalan tanganya dari saku celananya, dan menunjukan kenanga itu, selo tercengang dan mulai berpikir bingung…
Terus kak, waktu pagi  itu ka selo tiba tiba mencium wangi bunga kenanga di tubuhku, padahal Bunda dan akupun ga mencium wangi itu sedikitpun, semuanya aneh ka, dan ini buatku takut, dalam suasana rumah di malam yang hening melalui jendela kaca di kamarnya Adzan menatap ke arah luar, dengan Air mata menetes di pipinya, satu kalimat yang keluar di mulutnya lagi, ka aku takut….
Selo… Dzan …” udah malam  cepat tidur” …Terdengar suara bunda mara dari luar, uda Dzan kamu tidur gih,
tar ka selo pikirin dan cari tau darimana kenanga- kenanga itu datangnya, kamu jangan takut, kita kan Cowo…anak Cowo harus berani,oke?
***
Matahari belum menampakan sinarnya, udarapun masih terasa dingin untuk dirasakan, walau semenghindar gimanapun udara pagi ini susah untuk di hindari dinginya sampai menelusup pori-pori, suara Adzan berkumandang menandakan waktu solat Subuh telah tiba, Dzan Adzan…bangun Dzan, ..ia kak ada apa ini masih pagi banget, Dzan ka selo semalam uda berpikir untuk nyari tau dimana asalnya kenanga – kenanga itu,
O ya ka?gimana caranya?

Kita datangi tempat yang dulu banyak pohon kenanganya itu,
Maksudnya belakang rumah Pak Finn kak?
Ia, kita cari tau mungkin di sana kita akan dapat petunjuk,Terus kalau bunda tau?bunda jangan sapai tau, kita nanti berangkat diam – diam.
***
Semua terbayang tampak nyata dalam hati ingin menyapa namun aku tertegun diam tanpa dapat berbuat apapun, melihat sepasang dua insan lelaki dan perempuan tampak romantis dihamparan perkebunan bunga kenanga, dalam ketidak sadaran diantara yakin dan tidak, wangi kenanga menyengat menelusup ke rongga hidung wanginya seakan membuatku terhanyut dalam situasi, mereka tampak asik menikmati hamparan pesona alam yang diciptakan Tuhan dengan kealamiannya.
Dengan riang dan hati penuh cinta dua insan itu saling berpegang tangan berlari-lari di tengah hamparan perkebunan kenanga itu. Sekali lagi bayangan ini datang kembali, secara tiba tiba seperti ada cahaya sangat terang menyeruak tajam pada sisi penglihatanku semua terasa nyata secara tiba-tiba dalam hati ingin sekali aku menghampirinya namun diri ini seperti tersekap lagi, kali ini diriku seperti berada di ruang tembus pandang yang tidak mungkin bisa untuk melarikan diri, dengan sanggat terkejut aku melhat dengan mata kepalaku sendiri sepasang insan lelaki dan perempuan itu dibawa paksa dipisahkan dengan dua kelompok orang yang banyak sekali, kedua insan itu tampak sangat tidak ingin dipisahkan mungkin mereka adalah sepasang kekasih dari latar belakang yang berbeda sehingga mereka harus terpisahkan...aku juga kurang begitu mengerti dengan kejadian ini tetapi yang pasti lelaki dan perempuan itu sungguh sangat tersiksa dengan kejadian itu, bayangan itu secara tiba - tiba hilang, semua kembali secara normal aku terdiam, kupandang sekeliling rumah pak Finn.
Matahari tanpak memancarkan sinarnya tepat di atas kepala, dengan perasaan penuh tanda tanya serta gelisah aku dan kak selo akhirnya mengakhiri mengelilingi pekarangan Rumah pak Finn ini.
Saat ini pikirku, rumah Pak Finn mungkin dulunya adalah perkebunan kenanga yang menyimpan sejarah yang menyimpan misteri yang belum terselesaikan, tapi  siapa lelaki dan perempuan itu?ungkap selo seketika dan bagaimana dengan Pak Finn apakah dia juga merasakan sesuatu yang aneh makanya dia pindah ke Belanda! selo mengerutkan keningnya dengan berfikir serius.
Adzan hanya terdiam dan kemudian mebaringkan tubuhnya dikasur, ka sel apa mungkin bayangan itu ada hubungannya dengan kenanga-kenanga ini? sambil adzan mengeluarkan sehelai bunga kenanga disaku celananya yang selalu tuba - tiba muncul kalau saku celananya di masukin tangan.
mungkin bisa jadi dzan, ucap selo yang kemudian ahahaha... mendingan kamu jadi tukang sulap ajah dzan, pas tuh pesulap dengan kantong ajaib,hihihi... suasanapun pecah yang tadinya serius menjadi tidak serius, beeuhh malah ngeledek emangnya aku Doraemon punya kantong ajaib, timpal adzan.     

KEPERGIAN
Aku sudah muak dengan makin banyaknya bunga-bunga kenanga ini, pokonya seharian aku akan ngurung dikamar, akan ku kunci pintunya, pokonya kalo ga ada yang ngaku siapa yang neror aku dengan bunga-bunga kenanga ini pokonya aku ga akan keluar kamar, orang-orang dirumah pada bolak balik ngetok pintu dari luar kamarku buat nawarin makan, ahh tapi aku tolak, dengan berteriak...tidakkk aku ga mau apa apa, kalian berhenti menerorku.. akhirnya saking capeknya teriak teriak aku terdiam dan tertidur lelap.
Disela sela tidurku terdengar kembali suara pintu yang diketuk dari luar, karena masih kesal maka akupun tidak menghiraukannya, dan tidur lagi, setelah bangun kulirik jam menunjukan pukul 18.15. Lapeer bangett, ga tahan banget perut sudah keroncongan aku udah kaya orang yang puasa saja seharian ga makan apa-apa, akhirnya tanpa sadar tanganku ku masukan ke saku celanaku dan kuleluarkan lagi, ada rasa yang aneh, ku terdiam sambil menatap telapak tangan yang tadi dimasukan kedalam saku celana, kucoba masukan lagi dan ku keluarkan lagi, kutatap lagi telapak tanganku, ku masukan lagi tanganku kedalam saku dan ku keluarkan lagi..."Yess....ku teriak yess, ga ada kenanganya ga ada, kenanganya ga keluar dari saku celanaku, saking girangnya ku buka pintu ku keluar dari kamarku dan ku lari mencari kaselo namun yang lebih pertama kutemukan adalah Bunda,
Bun... Bunda coba lihat tanganku, lihat bun, sambil aku masukan dan kukeluarkan lagi dari saku celanaku, bunda hanya menatapku heran, setelah kupikir pikir...hemmm pantas saja bunda heran, orang bunda ga tau apa apa soal bunga kenanga itu, heuu.. aku langsung nyengir dihadapan Bunda,  terpampang deh gigiku yang dipagerin sama kawat gigi,hmm...
kenapa siihh... anak Bunda ini seharian aneh, bunda mara menggeleng gelengkan kepalanya, uda seharian ngambek ga keluar kamar, pas keluar gini, adzan adzan... ga lapar kamu? cepet makan tar sakit kamu, seharian ga makan apa apa...ucap bunda mara,
udah kenyang bunda, timpal adzan seketika,
kenyang?
kenyang makan apa?
Eh heu, pikirku ko jawab kenyang, aku kan belum makan apa apa,hehehee...makan angin Bunda,hehee
eh bun ka selo mana?
Ka...ka ... ka sell....teriakku sambil celingak celinguk mencarinnya...
adzan ka selo uda pulang, tadi dia ketuk pintu kamar kamu mau pamitan, kamunya ga bangun, katanya kan kak selo itu OSIS jadi harus ikut rapat buat persiapan penerimaan siswa baru,
hmmm... ku tarik napasku panjang, hemm kaselo kaya jaelangkung aja, datang tak diundang pulang tak diantar...
SUUUT,ucap Bunda, jangan bilang gitu,,
yee ia bun, pas datangnya aku ga tau lagi tidur, eh pulangnya sama aku ga tau juga...
yahhh itumah salah kamunya aja, di bangunin susaah banget... timpal bunda mara.

YANG BARU
Pokonya setelah masuk sekolah nanti aku bakalan giat giatin belajar dan aku janji bunda, aku akan mempertahankan prestasiku,hehehe..
nah gitu dong , kamu wajib jadi yang terbaik, ucap bunda mara,
mobilpun berhenti, dan pintu mobil kijang toyota keluaran terbaru warna putih itu terbuka dan terlihat dari luar sebelah kaki mulai keluar dari pintu mobil belakang dan disusul kaki sebelahnya, kemudian terlihat berdiri tegap keseluruhan remaja dengan berpakaian seragam SMP rapi, di susul bunda mara yang keluar dari pintu mobil depan tempat menyetir, seketika angin berhembus pada mereka berdua, semua tampak seperti di film-film, bunda mara yang tampak masih terlihat cantik dan anaknya adzan keren badai menatap tegap pada gapura sekolah yang tampak tertera nama SMP BINA BANGSA , SMP elit terfavorite karena di sekolah ini banyak mencetak siswa befrestasi baik akademik maupun non akademik yaitu pada pengembangan bakat para siswa, mata siswa yang melihat mereka seakan akan tertuju tajam pada adzan dan bunda mara.
dzan kamu belajar yang benar, bunda langsung berangkat ke kantor yah,
dengan telapak tangan kanannya langsung di miringkan kekeningnya, adzan berdiri tegap persis seperti Tentara yang sedang menghormat kepada pembinannya, SIAP BUN, ucap adzan.


Sahabat
Bel berbunyi para siswa siwi baru pada kisruh memasuki kelas yang sudah di tentukan, satu sama lain pada saling berkenalan, ketika aku sudah memasuki kelas mau duduk ada anak cewe menghampiriku dengan tersenyum, ia menjulurkan tangannya, dan berkata,
“hay.. aku Panda.. nama kamu siapa? Dag dig dug... hatiku berdebar..
Bukan berdebar gimana berasa ngeri aja, anaknya sambil ngedip ngedipin mata lagi, pipinya tembem postur tubuhnya lebar banget, tangannya seperti yang abis di sengat lebah...(suut dalm hatiku berkata aku ga boleh gitu, manusia di ciptakan tuhan dengan kekurangan dan kelebihannya masing masing, dan ini kelebihannya di dia semua, hihi.. sambil ga kuat aku nahan geli pengan ketawa dengan kata kataku dalam hati barusan)...lagian manusia di mata Tuhan sama yg membedakan hanya amal dan perbuatannya”kata pak ustadz sih gitu”hehe...
Ya uda akhirnya ku julurkan tanganku juga buat bersalaman dengannya dan kenalan...
Makkkk...... seisi kelas malah pada memerhatikanku, sambil berceloteh”ciee... cie... anak anak bilang gitu, hmmm... hari pertama masuk sekolah ko gini sih... aku lemes deh jadinya,, ahhhh .... seisi kelas masi ketawa ketawa, huh gara gara si kungfu panda gembrot itu, dumel ku dalam hati... aku jadi bahan bercandaan anak-anak.
Seorang gurupun mask ke kelasku kelas 7A, setelah berbasa basi ternyata namanya Bu misye. Bu misye adalah wali kelas di kelas 7A ia memberitahukan bahwa ada Ekstra Kulikuler baru di sekolah ini, yaitu ekstra Music modern, pada EKSKUL ini siswa mempelajari musik musik modern yang kemudian di buat menjadi Grup musik, untuk yang mau ikut ekskul ini pulang sekolah harus kumpul di sekretariat Ruang EKSKUL MUSIK, dan telah mengisi formulir yang di bagikan Bu misye.
Setelah formulir pemilihan EKSKUL di kumpulkan, akhirnya Bu misye membacakan siapa saja yang memilih EKSKUL baru itu, soalnya EKSKUL ini sepulang sekolah mau ada pengarahan dulu, “oke baik anak anak ibu hanya akan membacakan siapa yang mengikuti ekskul musik saja”
Untuk yang EKSKUL lain kalian ikut sesuai jadwal yang sudah di tentukan, baik yang pertama ivan, zaky, Reynal, Razza, Lolo, Fanny, salza, Zenia, Alfa, Adzan dan Panda...
Cieee... Adzan sama panda lagi, celetuk Reynal, seisi kelas mulai ramai lagi deh mengolok ngolok aku, eh si Panda malah menatap aku lagi, ihhh... meriding deh aku, amittt amitt... dia pake ikut ikutan lekskul music segala lagi, miris banget nasib aku ini, hemhh...
Adzan itu namanya jodoh,hahahaha... ucap Reynal
Aku udah ga bisa berkata apa apa deh udah lemes kalo ginimah, hmmmh... semangat hidup ku jadi hilang, tapi hidup harus berjalan(hihi... lebay).
 Akhirnya sepulang sekolah aku Reynal dan teman teman kelas 7A, tak ketinggalan si Panda Gembrot juga ikut kumpul untuk mendengarkan pengarahan mengenai EKSKUL musik ini.
Di sini anak anak di wajibkan sudah bisa memainkan salah satu alat musik modern minimal dasar dasarnya biar nanti tinggal diarahkan saja, eh si gembrot ngacungin tangan katanya mau bertanya, ‘’ pak kalo nyanyi boleh ngga? kan Panda ga bisa main alat musik”.. huuuuhhhhh... seisi ruangan ribut menyorakinnya, terus Pak Pahri menjawab dan menjelaskan kalo nyanyi masuknya bukan ke EKSUL MUSIK tapi Ke EKSKUL VOCAL Panda, ‘Yah Bapak ..terus aku ga bisa ikut dong?”
Ia , Panda kalo sukanya nyanyi ikutnya EKSKUL VOCAL saja”ucap Pak Pahri.
‘YAHH Bapak kan biar bareng sama Adzan, ucap panda dengan mengeluh..
Ciee.. ciee biar bareng nih yee,hahaha...si reynal ga bosen bosennya bikin aku mati kutu,haduuhh...
Ga apa- apa deh, tuh anak-anak pada nyorakin aku, yang penting ini penderitaan terakhirku, di buntutin si kunfu Panda ini...”tarik nafas keluarkan, tenang sabar-sabar adzan”sambil bersorak gembira,yeyeye...
Hahaha.. mampus lo... ucapku sambil cengengesan ga jelas, ehh malah si Reynal seneng banget bikin hidup aku mati kutu hari ini,  dia malah nyeloteh lagi, makkkk.... , dia bilang kalo Si Panda keluar dari EKSKUL MUSIK aku akan sedih,,,jiahhhh.... parah banget si reynal dasssar..


Teman Baru
Namaku Adzan Dewanto Ramadhan, sejak kecil sebetulnya aku paling suka nyanyi, dan sampai saat ini umurku 13 tahun masih menjadi penyanyi kamar dan rumahan,menurutku suaraku bagus, cuma aku ga percaya diri saja kalau aku bernyanyi di depan umum, yang akhirnya pada kelas 2 Sekolah Dasar aku mulai menyukai alat Music Piano, dan saat itu juga aku mulai mengikuti les les Piano, dan aku lebih percaya diri dengan ini,  nama ayahku Achmad Dewanto sedangkan nama ibu Sahara, aku memanggilnya Bunda Rara, aku anak Tunggal, TERIMAKASIH...


-nanti di lanjut lagi ......


salam#BLITZSWED follow @zsblitzswed juga, Thank u...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar